Sistem Pendidikan Sebagai Investasi

investasi sistem pendidikan nasional

Investasi tidak harus berupa uang. Salah satu investasi yang menjanjikan yaitu pendidikan. Orang dengan pendidikan yang tinggi tentunya berbeda dengan yang tidak berpendidikan. Sistem pendidikan sebagai investasi dalam jangka panjang. Karena orang yang berpendidikan lebih berpengalaman dan professional dalam menghadapi permasalahan.

Alasan Mengapa Investasi Pendidikan Sangat Penting

Sejak usia dini anak hendaknya diarahkan dengan pendidikan yang sesuai dengan karakternya. Karena hal tersebut akan mempengaruhi pola pikirnya. Jika anak tersebut pandai, maka akan menjadi investasi yang menguntungkan dimasa mendatang. Berikut ini beberapa alasan mengapa investasi pendidikan itu penting:

  1. Pendidikan Sebagai Alat Perkembangan Ekonomi

Semakin tinggi pendidikan sesorang maka semakin tinggi pula penghasilan ekonomi yang dia dapat. Sebagai contoh bahwa orang yang tidak berpendidikan kerjanya memakai otot. Sedangkan orang yang berpendidikan lebih mementingkan otak. Kebanyakan perusahaan ternama memlih memakai tenaga terdidik dari pada pemula.

Dengan gaji yang lebih tinggi maka orang yang berpendidikan dapat menabung atau menginvestasikan sebagian dari uangnya. Kelak dikemudian hari akan mendapatkan hasil dari investasi tersebut. dalam sebuah penelitian di indonesia diketahui mereka yang berpendidikan s3 berpenghasilan rata-rata per-bulan 3,5 juta, s2 3 juta,  s1 2,5 juta, lulusan SMA 1,9.

  1. Sebagai Nilai Balik

Alasan berikutnya bahwa sistem pendidikan sebagai investasi adalah untuk perbandingan. Perbandingan yang dimaksud yaitu, berapa biaya yang dikeluarkan ketika dia menempuh pendidikan dan berapa biaya yang didapat setelah mereka lulus. Orang yang berpendidikan tentu saja memiliki hasil lebih. Karena terbiasa tanggung jawab dan mandiri.

Di Negara berkembang seperti Indonesia nilai balik investasi pendidikan lebih dari pada investasi modal. Berbeda dengan Negara maju, investasi pendidikan jauh lebih tinggi. Hal ini dikarenakan tenaga ahli di Negara berkembang hanya sedikit. Terkadang bila tidak ada tenaga ahli maka perusahaan akan mendatangkan dari luar negeri.

Professor Kinosita dari jepang berpendapat bahwa pendidikan di Indonesia memiliki 8 kompetensi. Antara lain, membaca, menulis, mendengar, menutur, menghitung, menutur, menghafal, dan menghayat. Dengan kata lain yang sangat mendesak di Indonesia adalah pendidikan dasar. Jika pada saat pendidikan dasar sudah dilatih disiplin, mandiri, dan tanggung jawab, maka akan mudah untuk mencari tenaga ahli.

  1. Memiliki Multifungsi

Banyak sekali fungsi yang di dapat pada saat berinvestasi pendidikan. Kebanyakan dari fungsi ini akan didapat kelak dikemudian hari.

Macam-Macam Fungsi Pendidikan

Berikut ini adalah beberapa fungsi pendidikan yang penting untuk diketahui.

  1. Fungsi sosial

Dapat memberikan kontribusi dalam hidup bermasyarakat. Dengan hidup bersosial dengan berbagai tingkat yang berbeda. Dengan berpendidikan maka dalam masyarakat akan lebih dihormati. Dengan pendidikan yang cukup sesorang akan mudah dikenal oleh masyarakat sekitarnya. Hal itu merupakan nilai positif untuk kedepannya.

  1. Fungsi politis

Membuat seseorang yang berpendidikan lebih memiliki sikap yang berkembang dan memiliki berbagai terobosan baru. Hal ini dapat untuk melatih menjadi warga Negara yang baik dan bertanggung jawab.

  1. Fungsi budaya

Merupakan kesadaran estentis membantu mengembangkan kreativitas. Sesorang yang berpendidikan maka pola pikirnya jauh lebih berkembang. Selain itu memiliki nilai-nilai dan keyakinan sosial yang baik. Bahkan, mampu mengembangkan budaya yang ada serta melestarikannya.

  1. Fungsi Kependidikan

Pendidikan membuat seseorang mengembangkan kesadaran akan pentingnya belajar sepanjang hayat. Dengan begitu, seseorang akan merasa tidak puas dengan ilmu yang dia dapat. Maka akan terus belajar untuk menambah ilmunya.

Tidak ada ruginya sesorang menuntut ilmu setinggi mungkin. Karena Sistem pendidikan sebagai investasi yang tepat dan sangat berguna di masa yang akan datang, termasuk pula salah satu pondasi penting dalam pemerataan ekonomi sebuah negara. Karena semaki lama ilmu pengetahuan semakin berkembang.

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: