Pengalaman Menjadi Caleg

calon legislatif pemilu

Terjun di dunia politik memberikan kesan dan pesan tersendiri dalam kehidupan Saya. Pengalaman yang tak terlupakan adalah ketika menjadi Calon Legislatif dari sebuah partai. Kala itu, Saya mendaftar caleg DPRD di sebuah provinsi. Semua berjalan tidak semudah yang dibayangkan karena terjun di dunia politik bukanlah hal yang mudah. Selain memiliki pengalaman dengan menggunakan sabun perawatan wajah pada postingan artikel ini, sekarang inilah saatnya cerita pengalaman menjadi caleg (calon legislatif) yang pernah Saya lalui.

Lika Liku Menjadi Calon Legislatif

Sejak awal Saya sudah meyakinkan diri untuk mendaftar sebagai salah satu Caleg DPRD. Ketika awal masuk ke partai, semua anggota keluarga mendukung. Bahkan, teman dan guru-guru juga mendukung niat dan keinginan Saya. Kemudian, mulai memantapkan diri untuk menjadi pejuang politik. Dukungan terus dicari dari sana sini agar semangat semakin bertambah.

Ada banyak tahapan yang harus dilalui ketika ingin menjadi Caleg DPRD. Proses konsolidasi pun terus dilakukan dari hari ke hari. Dikatakan lelah pastinya iya. Namun, Saya selalu menanamkan pada diri bahwa ini adalah saatnya untuk berjuang dan mengabdi kepada Negara. Hingga dari hari ke hari pun tidak pernah absen dari urusan menjadi caleg.

Tahapan lain yang tak terlupakan dari proses Pengalaman menjadi caleg (calon legislatif)  ini adalah pencarian tim sukses. Tim sukses sudah seperti keluarga dan saudara sendiri. Dimana, siang malam mereka menemani langkah Saya untuk berjuang di laga ini. Saya sangat berterima kasih kepada mereka yang merelakan tenaga, fikiran serta waktunya untuk mendampingi Saya selama berjuang menjadi caleg.

Setelah proses pencarian tim sukses selesai, dilanjutkan dengan proses kampanye masif yang tak kenal siang dan malam. Satu daerah ke daerah lain Saya datangi dengan harapan mendapatkan dukungan dari mereka. Dan senang rasanya ketika mereka menyambut dengan baik kedatangan Saya bersama dengan tim. Hingga akhirnya Saya berhasil menjadi DPRD.

Pelajaran yang Dapat Saya Ambil dari Menjadi Caleg

Ada banyak pelajaran berharga yang Saya dapatkan selama menjalani proses menjadi caleg ini. Semua proses yang pernah Saya jalani memberikan pembelajaran kepada Saya agar menjadi lebih baik dan lebih dewasa. Berikut ini adalah beberapa pelajaran yang dapat Saya bagikan dari pengalaman menjadi caleg.

  1. Menjadi Caleg adalah Bagian dari Perjuangan

Nilai dan pelajaran berharga yang Saya ambil dari pengalaman menjadi caleg adalah hidup butuh proses dan perjuangan, terutama terkait emansipasi wanita di bidang politik. Semua target dan cita-cita yang diimpikan harus diperjuangkan sekuat tenaga. Karena nantinya itu akan berbuah manis di akhir. Kalaupun Anda harus gagal, maka jangan pernah menyerah karena ada kesuksesan yang menanti di depan.

  1. Manusia Tugasnya Berusaha, Kekuasaan Ada di Tangan Tuhan

Pelajaran berharga yang berikutnya dari pengalaman menjadi caleg adalah dalam kehidupan ini, manusia harus berusaha. Namun, semuanya tetap harus diserahkan kepada Yang Maha Kuasa. Karena sejatinya, Dialah yang menentukan nasib manusia. Jika sekarang Saya ditakdirkan menjadi caleg, maka itu adalah pemberian Tuhan yang harus disyukuri.

  1. Kekuasaan adalah Amanah yang Harus Dipertanggungjawabkan

Saya juga semakin menyadari bahwa kekuasaan yang Saya emban saat ini adalah amanah. Dimana, semua amanah harus dijalankan dengan baik. Tak lupa untuk senantiasa menanamkan diri agar menjadi sosok yang bertanggung jawab.

Pengalaman menjadi caleg (calon legislatif) yang pernah Saya alami banyak merubah hidup Saya. Dari yang dulunya jarang memiliki sikap peduli, kini sudah mulai membiasakan diri untuk peduli. Dan masih banyak lagi pelajaran lain yang bisa Saya peroleh.

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: