Pemerataan Ekonomi Negara Indonesia

pemerataan ekonomi negara indonesia

Pembanganan yang semakin banyak membuat ekonomi menjadi naik. Akan tetapi pembangunan kebanyakan dilakukan di kota. Sehingga pemerataan ekonomi Negara tidak menyeluruh di semua tempat. Banyak sekali penduduk di desa justru pergi ke kota untuk mencari pekerjaan. Hal ini akan berakibat semakin penuh kota tersebut dan ekonomi semakin tidak merata.

Beberapa Cara yang Dilakukan Agar Terjadi Pemerataan Ekonomi

Baru-baru ini terdengar berita bahwa ibu kota akan dipindahkan ke luar pulau Jawa. Hal itu dikarenakan ekonomi negeri ini tidak merata. Oleh karena itu, pemerintah menginginkan ekonomi lebih berkembang tidak hanya di Jawa saja, melainkan merata di seluruh nusantara. Adapun cara yang dapat dilakukan dalam upaya meratakan ekonomi antara lain:

  1. Pemerataan Kesempatan Kerja

Pekerjaan merupakan solusi untuk mendapatkan uang. Kebanyakan pekerjaan itu terdapat daerah perotaan. Misalnya saja di pabrik, restoran, mall, dan lainnya. Banyak orang dari desa pergi ke kota untuk mencari pekerjaan. Mereka beranggapan bahwa di kota mudah mencari pekerjaan. Hal ini menyebabkan ekonomi tidak merata.

Tapi pemerintah sudah banyak membuka kesempatan kerja di desa. Antara lain, pelatihan-pelatihan ketrampilan, pertanian, dan lain-lain.

Selain itu dengan sistem perekonomian yang baik, diharapkan tidak ada kesenjangan baik, sosial termasuk gender pria wanita yang sebagai contoh di jaman modern ini seorang wanita bisa menyuarakan aspirasinya dalam tataran pemerintahan melalui jalur legislatif, atau wakil rakyat.

  1. Pemerataan Pendidikan

Banyaknya sekolahan sekarang ini tidak menjamin mutu setiap sekolahan sama. Oleh karena itu, pemerintah menerapkan sistim Zonasi agar tidak ada yang namanya sekolah unggulan. Dan semua sekolah memiliki pendidikan yang merata. Selain itu guru-guru yang professional juga telah ditempatkan di daerah-daerah yang tertinggal.

  1. Transmigrasi

Salah satu kebijakan dalam rangka pemerataan ekonomi negara yaitu transmigrasi. Tidak semua daerah di Indonesia berpenduduk. Maka dipindahkanlah penduduk yang berpenghuni banyak ketempat yang masih sepi. Hal ini brertujuan agar daerah-daerah di Indonesia merata dan sama-sama berkembang dengan maksimal.

  1. Percepatan Pembangunan Secara Optimal

Pembangunan yang saat ini dikebut pemerintan salah satunya yaitu transportasi. Jalan Tol merupan ikon utama dalam pembangunan transportasi ini. Karena dengan lalu lintas yang lancar maka ekonomi Negara akan menjadi lancar. Jika pada saat belum ada tol ditempuh dalam satu jam, maka dengan tol hanya 20 menit saja. Akan tetapi Anda harus bayar sesuai tarif tol yang berlaku.

  1. Fokus Pembangunan Daerah Terpencil

Daerah terpencil sering kali jadi anak tiri dalam pembangunan. Akan tetapi pada saat ini sudah banyak diperhatikan oleh pemerintah. Pembangunan daerah terpencil mulai dari jalan, listrik, ataupun pendidikan. Bahkan sekarang anggaran dana untuk desa sudah dinaikan. Dengan adanya pembangunan diharapkan daerah terpencil itu juga akan maju.

  1. Mengembangkan Wilayah Perbatasan Negara

Perbatasan merupakan tampilan depan suatu Negara. Dengan dibangunnya perbatasan Negara maka akan banyak menarik investor untuk membangun di daerah tersebut. seperti halnya perbatasan Indonesia dengan Malaysia yang sudah diperbaiki. Perbatasan yang maju maka akan berakibat positif terhadap daerah terpencil disekitarnya.

  1. Pemerataan Harga

Sering kali kita dengar bahwa harga satu tempat dengan tempat lain tidak sama. Hal itu menjadi tolak ukur merata tidaknya ekonomi Negara. Daerah yang maju kebanyakan harga barang lebih mahal. Akan tetapi penghasilan orang didaerah tersebut sama. Oleh karena itu, pemerataan harga sangat penting agar orang tidak merasa terbebani oleh biaya yang mahal.

  1. Pemerataan Pangan

Pangan adalah hal wajib yang harus ada setiap hari. Akan tetapi di daerah kering atau tandus kurang mendapatkan pangan yang cukup. Orang harus pergi ke kota lain untuk bisa mendapat pangan yang layak.

Pemerataan ekonomi Negara tidak semudah membalikan telapak tangan. Oleh karena itu, dalam proses pemerataan dibutuhkan proses tersendiri. Tentunya dalam jangka waktu tertentu dengan program-program yang tertata rapi.

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: